Pages

Senin, 13 Juni 2011

Pembagian Bandwidth untuk Game Online

intinya, yang paling penting bagaimana kita mengatur b/w yg ada agar terbagi merata sesuai kebutuhan... misal untuk game diberikan perioritas yg menuju ke server2 game akan diberi b/w tertentu... b/w management tidak bakal bisa di tembus oleh IDM dan sejenisnya jadi biarpun ada yg download maka game online tidak berpengaruh. Pasang Squid Proxy bisa lebih membantu mengatasin b/w.

Pengalaman sy, hanya sekedar share...
di b/w management sy bagi 3 classes yaitu game, browsing dan rt/rw net..
ditempat sy ada 2 line speedy paket executive yg total speed didapat rata2 3.2-3.6mbps dan sy mencari titik aman yaitu mengambil titik bawahnya speed terlambat yg didapat seputar 3.2mbps, dibagi sebagai berikut

Game Classes limit sampai 512kbps
ada 10 client satu persatu sy kasih b/w 48kbps dan limit atas 64kbps hanya menuju ke ip games server tertentu ato port DotA.

Browsing Classes limit sampai 1024kbps
ada 15 client, masing2 sy kasih b/w 64kbps dan limit maksimalnya 128kbps, klo kondisi kosong maka bisa browsing sampai 128kbps yapi klo penuh yah rata2 maksimal 68kbps.

RT/RW-net Classes limit sampai 1700kbps
ada 25 client, masing2 sy kasih b/w 64kbps dan limit maksimal 128kbps.
jadi klo pemakai kosong maka bisa sampai 128kbps per user tetapi klo sedang ramai maka hanya rata2 68kbps

============
Speed untuk game sebetulnya tidak besar, silahkan anda monitor trafik untuk setiap terminal game. Kebutuhan speed besar pada game terjadi pada waktu loading dan patching, minimum 64 kbps. Sementara speed selama permainan hanya membutuhkan 5~10 kbps (normal), 10~16 kbps (bertarung), dan 16~48 kbps (perang antar suku). Jadi untuk 10 terminal minimalnya hanya butuh 50 kbps dan maksimalnya 480 kbps.

============

2 komentar:

  1. gan. warnet ane speed.y 100mbps dan ada 5 pc+server.. tpi klo untuk main game online sering lag.. mohon bantu.n ny.. trimss

    BalasHapus
  2. mantap makasih yah ilmunya kalo boleh ada tutornya olidbomber@gmail.com

    BalasHapus